Jumat, 10 Juni 2011

Les Bahasa Inggris

Bismillahirrahmanirrahim...

Syukur Alhamdulillah ku ucapkan kepada tuhan seluruh alam, tuhan yang tidak ada tandingannya, tuhan yang tidak ada saingannya, tuhan yang tidak ada duanya dan tuhan yang menciptakan semua ciptaannya dari ketiadaan menjadi ada seperti sekarang. Tuhan yang hanya satu adanya yang Maha Kuasa, Maha Penyanyang, Maha Pengampun dan Maha Pengasih yakni Allah Swt.
Shalawat beserta salamnya semoga selalu tercurahkan kepada baginda alam -yang telah membawa umat manusia dari kegelapan menuju cahaya benderang, dari akhlak yang merosot menuju akhlak yang mulia, dari jaman kegelapan menuju jaman keemasan dan dari jaman kebodohan menuju jaman kepintaran- yakni Nabi akhir jaman Muhammad Saw dan juga kepada para sahabat, tabi'in, atba tabi'innya yang telah mengikuti perjuangan Rasulullah dalam menyebarkan ajaran Islam yang mulia dan juga kepada kita semuanya selaku umatnya yang selalu mengikuti sunah-sunahnya.

Alhamdulillah, akhirnya sesuatu itu pun yang selama ini aku inginkan dan aku harapkan bisa tercapai dan terwujud juga meskipun itu tidak sempurna. Namun begitu aku tetap akan bisa bersyukur kepada Allah Swt!
Ya, aku akhirnya sudah mulai bisa less bin belajar Bahasa Inggris atau kata orang Bule sana namanya English. Aku mulai belajar bahasa Inggris untuk pertama kalinya -semenjak aku tidak bisa meneruskan sekolah ke tingkat Sekolah Menengah Atas atau SMA- kemarin malam di salah satu tempat yang ada di Kota Bogor yaitu Empang. Sementara orang atau guru yang mengajarkan ku bahasa Inggris tersebut bernama Abdul Malik, ia adalah teman ku yang aku kenal dari teman ku yang lainnya sehingga sekarang aku bisa mengenalnya. Ia lulusan S1 Universitas Indonesia - Depok tahun 2011, ya kira-kira beberapa bulan yang lalu lah dia telah di Wisuda. Aku pun masih ingat ketika aku sama teman ku diajak olehnya bermain ke Kampusnya di Depok, pada saat itu aku dan teman ku diajak naik sepeda berkeliling mengelilingi setiap sudut Kampus yang terbesar di Indonesia yaitu Kampus Universitas Indonesia - Depok. Itu lah pengalaman yang berharga bagiku dan untuk ku.
Awalnya sih aku berminat ingin bisa dan lancar berbahasa Inggris karena aku ingin bisa mengerti tentang artikel-artikel yang banyak mengandung ilmu pengetahuan -yang selalu dituliskan untuk pertama kalinya kedalam buku dengan menggunakan bahasa Inggris- sehingga aku bisa menerjemahkannya kedalam bahasa Indonesia, dan menurut ku karena sekarang yang menjadi bahasa Internasional adalah bahasa Inggris sehingga aku harus bisa menguasainya buat bekal nanti kalau akau ada kesempatan pergi keluar negeri. Amin
Misalnya kalau aku pergi ke negera Prancis atau Jepang aku tidak akan mungkin berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa asal ku tinggal yakni bahasa Sunda karena pasti nanti orang-orang yang sedang berbicara dengan ku tidak akan mengerti dengan apa yang telah ku bicarakan. Mungkin mereka hanya senyam-senyum atau bahkan sampai menangis karena tidak mengerti tentang bahasa yang aku bicarakan itu. hehehe..

Tahap pertama kali aku diajarkan dari bawah dulu tentang bagaimana cara pengucapan bahasa Inggris yang baik dan benar. Aku di kasih hurup alfabet dari A-Z, dan aku disuruh untuk mengucapkannya dengan baik dan benar menurut hukum syara', eh maksudnya menurut hukum buku bahasa Inggris. hehe
Untuk pelajaran yang pertama ini Alhamdulillah aku lancar dan bisa meskipun tidak sempurna karena masih ada beberapa kesalahan dalam pengucapan ku.
Setelah yang pertama selesai. Sekarang bagian tahap kedua, aku diajarkan tentang membuat kalimat bahasa Inggris yang baik dan benar seperti To be, Verb, Fast, Future dll deh soalnya aku lupa lagi. hehehe
Kemudian aku disuruh memilih kalimat mana yang benar dan kalimat yang salah. Kalimat yang benar itu harus ada kata Subjek dan Kata Kerja (Verb). Seperti itu lah kurang lebihnya!  :-)
Nah, setelah aku diajarkan tentang memilih kalimat mana yang benar dan kalimat mana yang salah yang tadi telah aku tulis di tahap kedua, selanjutnya aku pun di kasih Homework atau bahasa dekengnya PR (Pekerjaan Rumah). PRnya membuat kalimat yang sudah dipelajari tadi dan mengartikan kata yang diberikan oleh Sang Teacher alias Guru dari dalam bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, contohnya berlari bahasa Inggrisnya apa? kaya itu lah.. ngerti kan?!

Nah, inilah tahapan dari semua tahapan yang terakhir -yang paling aku tunggu-tunggu- setelah melewati tahapan-tahapan tadi yakni pelajaran bahasa Inggrisnya selesai.  hehe
Karena waktunya sudah makin larut sehingga aku dan guru ku merasa ngantuk Wajar lah karena aku mulai belajarnya sekitar jam 10.00 an WIB.

Semoga untuk yang minggu depan menjadi lebih baik dari yang minggu pertama. Amin

0 komentar:

Posting Komentar