Senin, 10 September 2012

Balasan Orang Yang Bertakwa



Alhamdulillah, beberapa waktu yang lalu kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan, dimana dalam bulan ini Allah SWT memerintahkan bahkan mewajibkan kepada kita untuk berpuasa selama satu bulan penuh agar kita mendapat predikat takwa (Lihat: QS Al-Baqarah [2]: 184). Dan hari ini bulan suci tersebut sudah berlalu dihadapan kita. Apakah yang kita rasa? Mungkin dari sebagian teman-teman ada yang merasa senang dan gembira karena bisa melaksanakan puasa dengan sempurna, dan ada juga yang merasa sedih karena takut tahun depan nggak bisa ketemu lagi dengan bulan mulia ini.
            Bro N’ Sist, takwa asal katanya dari kata waqa’ yang artinya melindungi. Jadi orang yang bertakwa berarti melindungi diri dari murka dan azab Allah SWT dengan cara menjalankan segala perintahNya dan meninggalkan segala laranganNya. Dalam surat Ali Imran ayat 102 Allah SWT menyerukan kepada kita ---orang yang beriman untuk bertakwa dengan sebenar-benar takwa kepadaNya yakni harus tunduk, patuh, dan taat pada syariah-syariahNya; syariah yang mengatur dirinya dengan dirinya sendiri, syariah yang mengatur dirinya dengan Tuhannya, dan syariah yang mengatur dirinya dengan sesamanya (orang lain).

            Allah SWT yang ar-rahman dalam kitabNya (baca: Al-Qur’an) akan memberi balasan bagi hamba-hambaNya yang bertakwa, sebagaimana Allah berfirman:
            “ Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluannya).” (QS ath-Thalaq [65]: 2-3)
            Dari ayat tersebut bisa kita simpulkan ya bahwa Allah SWT akan memberikan tiga balasan pada orang yang bertakwa, yaitu mengadakan/memberikan jalan keluar (solusi), memberikan rizki dari arah yang tiada disangka-sangka, dan mencukupkan segala keperluannya.
            Pertama, Allah akan memberikan sebuah solusi. Misalnya, ketika kita sedang dililit permasalahan dalam kehidupan ini dan kita tidak bisa menyelesaikan permasalahn tersebut. Insya Allah, Allah akan memberikan solusi dan jalan keluarnya pada kita jika kita termasuk orang yang bertakwa.
            Kedua, Allah akan memberikan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka. Ada sedikit cerita, ketika itu ada seorang Ikhwan (laki-laki) yang sedang dilanda kegalauan karena ia  selalu berpikir dan terus berpikir bagaimana caranya agar ia mampu menolong adiknya untuk bisa melanjutkan sekolahnya. Ia bekerja dengan keras hanya untuk mendapatkan segenggam rupiah. Namun sayang, hasil kerjanya itu tidak mampu untuk membantu adiknya. Tapi ia tidak mudah putus asa, hari demi hari selalu ia sibukan dengan terus mencari dan bekerja dengan niat ikhlas di dada. Ia pun menyerahkan segala urusannya kepada Allah SWT, ia lebih mendekatkan diri padaNya dengan memperbanyak ibadah-ibadah dan amalan-amalan sunnah, seperti sholat tahajud, sholat dhuha, sholat sunnah rawatib, puasa senin-kamis dll. Dan pada akhirnya ia mampu menolong adiknya untuk tetap bisa melanjutkan sekolah. Kenapa bisa demikian? Karena itulah janji Allah dan Allah tidak pernah sekali-kali mengingkari janjinya.
            Ketiga, Allah akan mencukupkan keperluannya. Jika kita sedang merasa kesusahan dan tidak bisa mencukupi keperluan kita, misalnya belum bisa mendapatkan pekerjaan yang layak, belum bisa mendapatkan ‘kehidupan’ yang layak, belum bisa memberikan yang terbaik untuk orang tua, belum bisa mendapatkan ‘abi’ dan ‘umi’ yang sholeh dan sholehah (hehehe J), maka insya Allah Allah akan mencukupkan keperluan kita dan masih banyak contoh-contoh yang lainnya.
            Nah, sobat TaQi pembaca setia BRT (Buletin Remaja TaQi) setelah kita mengetahui balasan apa saja yang akan Allah berikan pada orang yang bertakwa tidak salahnya hal itu kita jadikan sebagai pelajaran dan juga sebagai motivasi kita untuk senantiasa semakin bertakwa kepada Allah, semakin dekat denganNya, dan semakin mencintaiNya. Semoga kita bisa melaksanakannya secara kontinu dalam kehidupan kita sehari-hari dan semoga ketakwaan kita kepada Allah membuat Allah ridha kepada kita dan mengizinkan kita semua untuk masuk kedalam surga milikNya dan bertemu dengan sang pencipta kita, Allah SWT dan kekasihNya Nabi Muhammad SAW disurga kelak. Wallahu ‘alam

0 komentar:

Posting Komentar