Sabtu, 04 Juni 2011

Ketika Ku Tak Bersekolah

Bissmillahirahmanirahim...

'Andai ku masih sekolah pasti ku bisa dapat pelajaran sekolah
Andai ku masih sekolah pasti ku bisa dapat banyak teman sekolah
Andai ku masih bersekolah pasti ku bisa mengenal guru-guru sekolah
Andai ku masih sekolah pasti ku bisa bermain dengan teman-teman sekolah

Andai ku masih sekolah pasti ku bisa dapat hukuman sekolah
Andai ku masih sekolah pasti ku bisa dapat tugas-tugas sekolah
Andai ku masih sekolah pasti ku bisa dapat Ujian Akhir Sekolah
Andai ku masih sekolah pasti ku bisa dapat rapor dan ijazah sekolah'
Itulah perkiraan ku tentang indah dan enaknya ketika kita masih sekolah, emang benar kan? kalau kita sekolah pasti kita akan dapat pelajaran sekolah, bisa dapat banyak teman sekolah, bisa mengenal guru-guru sekolah, bisa bermain dengan teman-teman sekolah, bisa dapat hukuman sekolah, bisa dapat tugas-tugas sekolah, bisa dapat Ujian Akhir Sekolah, dan bisa dapat rapor dan Ijazah sekolah. Namun ternyata, setelah selama dua tahun lebih sampai sekarang aku tidak sekolah, aku baru menyadari bahwa untuk mendapatkan semua itu tidak hanya dengan sekolah saja, akan tetapi masih banyak cara lain untuk kita bisa mendapatkan apa yang bisa kita raih dan dapatkan di sekolah.


Pertama, Mendapatkan Pelajaran.
Untuk mendapatkan pelajaran ternyata tidak hanya bisa kita dapatkan di sekolah saja, melainkan di luar sekolah pun kita bisa mendapatkan pelajaran, pendidikan atau bahkan mendapatkan ilmu. Bahkan caranya pun lebih mudah, gratis, tidak mahal dan yang terpenting tidak di tagih untuk bayar SPP bulanan seperti yang dilakukan pihak sekolah kepada para Siswa-Siswi yang bersekolah. hehe..
Caranya itu bisa kita lakukan seperti, membaca artikel-artikel atau berita-berita di Internet, membaca buku di perpustakaan umum, pergi ke Tokoh Buku, membaca Majalah; koran atau buletin, mendengarkan radio, menonton berita di TV, dan pergi ke tempat-tempat seminar dsb.
Kedua. Mendapatkan Banyak Teman
Untuk mendapatkan banyak teman tidak perlu dengan sekolah saja, masih banyak cara lain buat kita untuk bisa mendapatkan banyak teman. Seperti pergi ke tempat-tempat yang terdapat banyak orang seperti pergi ke Masjid, Mushallah, Mall, tempat-tempat seminar, alun-alun dll dan jangan lupa beranikan diri kita untuk bisa berkenalan dan berinteraksi dengan mereka. Insya Allah apabila niat kita baik untuk berkenalan dengan orang lain pasti kita juga akan bisa mendapatkan kebaikan dari orang lain.
Ketiga, Mendapatkan Guru-Guru
Dalam mendapatkan guru-guru, hal ini sebenarnya tidak hanya bisa kita dapatkan di sekolah saja. Di tempat lain pun kita bisa mendapatkannya, dengan cara seperti apa? dengan cara kita mencari orang-orang yang ada di luar dan sekitar kita yang mempunyai keahlian dalam memberikan pelajaran bagi kita. Seperti contoh, aku sekarang mempunyai beberapa teman yang aku panggil dan aku anggap sendiri sebagai kakak-kakak ku. Mereka mempunyai keahlian di bidang masing-masing seperti di bidang Bahasa Arab, bahasa Inggris, Motivasi, Tulis-menulis, musik dll dan disitu aku bisa belajar kepada mereka dan menganggap mereka sebagai guru-guru ku juga. Karena menurut ku, guru itu adalah seseorang yang bisa memberikan pengajaran, pendidikan, dan pelajaran kepada kita sehingga kita bisa paham dengan apa yang telah diajarkan olehnya dan bisa menambah ilmu dan pengetahuan kita.
Keempat, Bisa Bermain dengan Teman-teman
Nah, hal itu pun sebenarnya bisa kita dapatkan selain di sekolah saja. Kita pun bisa bermain dengan teman-teman kita meskipun status kita dalam keadaan tidak sekolah. Banyak hal-hal yang harus kita lakukan untuk bisa bermain dengan teman-teman. Seperti contoh, bermain bola, jalan-jalan pagi, bermain basket dll.

Nah, itulah beberapa pelajaran yang aku dapat ketika aku tidak sekolah. Semua itu aku dapat dengan perlahan-lahan dengan berjalannya waktu ke waktu dan seperti air yang mengalir dari hulu ke hilir.

Ayooo...!!!
Untuk teman-teman yang belum bisa mendapatkan pelajaran sekolah jangan mudah berputus asa, masih ada banyak hal yang harus kita lakukan untuk bisa mendapatkan masa depan kita menjadi cerah secerah bulan purnama yang bersinar di malam hari.
Tetap semangat dalam menghadapi kehidupan ini
Yakinlah bahwa Allah SWT akan selalu menuntun kita ketika kita melangkah dan berpijak di setiap perjuangan dan pengorbanan kita dalam menghadapi kehidupan.

0 komentar:

Posting Komentar