Minggu, 23 Maret 2014

Pacaran Apa Kredit Mobil?

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ


Seperti biasa setiap pagi setelah melaksanakan kewajiban shalat shubuh, saya akan kembali membuat tulisan. Tulisan-tulisan yang saya buat hanya sebagai media belajar dan juga sebagai pengingat dan pengikat ilmu-ilmu yang telah saya dapatkan. Karena Ali bin Abu Thalib pernah berkata, “Carilah ilmu dengan membaca dan ikatlah ilmu dengan menulis”
                Sambil ditemani murotal Al-qur’an dari Syaikh Al-Qomidhi, saya akan sedikit membahas –seperti biasanya, tentang gambar-gambar yang didalamnya terdapat tulisan yang menarik dan mengandung pesan yang baik.
                Gambar yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini berkenaan dengan pacaran. Sebelumnya gambar ini saya ambil atau tepatnya saya copas dari akun FB teman saya. Digambar tersebut ada baju yang berwarna putih dan bertuliskan, “PACARAN KOK SAMPAI 5 TAHUN... PACARAN APA KREDIT MOBIL”. Pesan yang disampaikan dalam baju tersebut mengarah kepada remaja yang sedang pacaran, pesan tersebut adalah sindiran terhadap mereka khususnya para remaja yang hobbi-nya berpacaran. Karena sudah menjadi rahasia umum bahwa pelaku utama aktivitas pacaran adalah kaum remaja dari segala umur, dari mulai umur-umur ketika mereka sekolah (SMP dan SMA). Pacaran adalah sebuah aktivitas berdua-duaan yang dilakukan oleh kedua makhluk tuhan, laki-laki dan perempuan. Pacaran kata mereka adalah cara tanda kita mencintai lawan jenis sehingga nanti kita bisa saling mencintai dan saling mengasihi. Maka biasanya orang yang melakukan pacaran itu menghabiskan waktu yang cukup lama, meskipun ada beberapa yang sebentar menjalaninya. Waktunya pun bahkan sampai bertahun-tahun misalnya dari mulai kelas 2 SMP sampai kelas 3 SMA. Setelah selama itu mereka menjalani pacaran banyak dari mereka yang pada akhirnya tidak sampai ke jenjang pernikahan.

                Islam memandang bahwa aktivitas pacaran ini hukumnya haram, artinya jika aktivitas ini dijalankan maka akan dosa dan jika ditinggalkan akan mendapat pahala dari Allah SWT. Allah SWT berfirman, “dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.(QS. Al-‘isra[17]: 32) dalam ayat tersebut Allah menjelaskan larangan untuk jalan-jalan yang mengarah mendekati zina. Memang pacaran dalam ayat tersebut tidak disebutkan, tapi bukan berarti pacaran itu boleh atau hukumnya wajib maupun sunnah atau mubah karena jika kita melihat aktivitas pacaran, didalamnya ada aktivitas-aktivitas maksiat yang dilakukan, misalnya berdua-berduaan tanpa adanya mahrom, tidak menutup aurat, saling bersentuhan, berkata mesra, memuji berlebihan, menghabiskan waktu dengan sia-sia, melupakan kasih sayang ibu-bapaknya, berbohong, dll. Dari maksiat itulah nantinya membuat orang pacaran terjurumus dalam perzinaan yang awalnya cuman berdua-duaan, tidak ada yang melihat mereka kemudian setan menggoda dan merayu, mulai berani berciuman dan akhirnya mereka pun berzina. Sementara Allah telah jelas menjelaskan bahwa zina itu adalah perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. Pelaku zina yang tidak bertaubat dengan sungguh-sungguh hidupnya akan senantiasa dipenuhi dengan kebimbangan dan ketidaktenangan. Hidup pun akan senantiasa was-was dan setiap waktu merasa risau sehingga dapat mengganggu aktivitas positif dia.
                Kembali kepada pesan sindiran tadi jika memang serius mencintai maka nikahilah dia agar hubungan menjadi halal dan mendapat berkah dari Allah SWT. Jika kamu memang benar-benar cinta sama dia jangan sia-siakan waktu dengan pacaran apalagi sampai menghabiskan waktu yang lama, jika memang itu yang mau dilakukan maka pantas kita katakan, “PACARAN KOK SAMPAI 5 TAHUN... PACARAN APA KREDIT MOBIL”. Wallahu 'alam
               

               

0 komentar:

Posting Komentar