Minggu, 23 Maret 2014

Nasehat Untukmu Wanita

           بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

             Gambar ini saya ambil dari akun teman Facebook saya. Saya mengambil –tepatnya meng-Copas (copy-paste) gambar ini karena tulisan didalamnya cukup menarik dan mengandung makna yang baik.
         Isi dari tulisan tersebut adalah sebuah perenungan atau muhasabah seorang perempuan tentang dirinya. Kalimat tersebut seperti cambuk bagi perempuan ketika mereka malas belajar. Juga merupakan kapsul pemecut semangat ketika rasa malas itu datang.
          Ia ingat bahwa seorang perempuan itu nantinya akan mempunyai pasangan hidup (suami). Dari hubungan antara suami-istri itu nantinya akan lahir sosok individu baru. Yang dimaksud adalah seorang bayi atau sang buah hati. Telah kita ketahui bersama bahwa yang namanya bayi itu pasti senantiasa dekat dengan Ibunya daripada dengan Bapaknya. Karena telah terbentuk ikatan emosional yang lama antara seorang ibu dan buah hatinya.
Karakter seorang anak dibentuk dan ditentukan oleh ibunya karena ibulah yang selalu mengajari anaknya dari kecil hingga dewasa kelak dan dia pula yang selalu menjaga dan selalu ada untuk anaknya, dimana pun dan kapan pun. Jika ibunya berkarakter baik maka anaknya pun akan berkarakter baik dan jika ibunya berkarakter buruk maka anaknya pun akan berkarakter buruk.


Maka ingatlah selalu ketika anda malas belajar dengan kalimat ini, “anak-anakku kelak berhak dilahirkan dari rahim seorang perempuan yang cerdas”
Cerdas dan tidaknya seorang anak tergantung ibunya. Karena ibulah guru pertama yang dikenal oleh anaknya, anaknya akan bertanya segala hal yang ia temukan disekelilingnya. Ia juga akan mengamati apa yang dilakukan oleh ibunya dari mulai berkata sampai bersikap.
                Menjadikan keharusan seorang perempuan itu cerdas karena ia adalah calon ibu dari anaknya, calon guru pertama bagi buah hatinya, dan figur pertama yang akan dicontoh dan dilihat oleh bidadari kecilnya.
                Coba bayangkan jika ada seorang ibu yang tidak cerdas, ketika anaknya bertanya beberapa hal yang tidak ia mengerti. Misalkan ia bertanya tentang masalah pergaulan, permainan, dan makanan, apa yang akan dijawab dan bisa dijelaskan oleh seorang ibu yang tidak cerdas tadi? Meskpiun ia mampu menjawab, kemungkinan jawaban tersebut salah atau keliru. Contoh lain dari ketidakcerdasan seorang ibu dalam berkata dan bersikap, misalnya pada saat itu seorang ibu berkata kasar disamping anaknya karena sedang marah. Jika hal itu selalu dilakukan didekat anaknya maka anaknya pun akan meniru kata-kata ibunya tadi. Karena syaraf motorik anak telah menyerap kata-kata ibunya.
                Jadi berhati-hatilah bagi anda perempuan ketika hari ini anda malas belajar. Karena apa yang hari ini kita pilih hasilnya akan kita dapatkan kelak di depan. Dan kelak hasilnya seperti apa yang didapatkan jangan menyesalinya karena itu adalah hasil dari pilihan kita sendiri. Wallahu Alam

0 komentar:

Posting Komentar