Selasa, 08 April 2014

Mari Ber-Hijab?!

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

              Berbicara tentang wanita memang tidak membuat bosan, apalagi jika wanita yang dibicarakan adalah wanita sang pujaan, hehe... Wanita adalah makhluk Tuhan yang paling cantik sehingga menjadi daya tarik tersendiri dikaum adam, apalagi jika wanita itu berpenampilan sedikit 'terbuka' pasti membuat ngiler para remaja dan bapak-bapak yang tidak bisa menjaga mata. wah... wah...
              Wanita juga memiliki kelemahan dalam hal penampilan, maksud disini wanita tidak bisa menahan diri untuk tidak berpenampilan menawan. Demi penampilan yang cantik dan menawan banyak dari wanita yang membeli busana-busana yang harganya lumayan mahal, ibarat sayur kurang garam mereka pun sering mondar-mandir ke salon kecantikan tak peduli dengan harga yang mahal, semua itu mereka lakukan demi penampilan yang menawan dan demi seucap kata pujian.
               Berbicara tentang busana khususnya bagi wanita muslimah, perlu kita jelaskan bahwa busana yang paling baik dan sempurna untuk digunakan adalah busana Kerudung (khimar) dan Gamis (Jilbab). Karena busana inilah yang diperintahkan Allah SWT untuk dikenakan oleh para muslimah yang beriman. Allah SWT berfirman, Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kehormatannya; janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) tampak padanya. Wajib atas mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya." (QS an-Nur: 31). Kemudian Allah juga berfirman, “Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu & isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah utk dikenal, karena itu mereka tak di ganggu. & Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59). Dalam kedua ayat tersebut Allah menjelaskan, pertama bahwa wajib bagi muslimah untuk menutup kepalanya hingga bagian dadanya dengan kerudung (Khimar). Dan kedua, wajib bagi Muslimah mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuhnya. Inilah kedua busana yang wajib dipakai Muslimah, yaitu mengenakan kerudung dan mengenakan Jilbab (yang selanjutnya akan disebut dengan Hijab). Adapun manfaat yang akan bisa kita ambil apabila kita memakai Hijab adalah, pertama agar mereka lebih mudah dikenali dan kedua agar mereka tidak mudah diganggu oleh orang lain.


                Pertama, agar mudah dikenali. insya Allah jika Muslimah mengenakan kerudung dan jilbab mereka akan mudah dikenal oleh kaum muslimin, mereka akan menjadi pembeda antara orang Islam dan orang non-Islam (baca: Kafir) dan mereka juga akan menjadi pembeda antara hamba yang taat pada Tuhannya dan hamba yang ingkar pada Tuhannya.
               Kedua, agar tidak mudah diganggu. Wanita Muslimah yang mengenakan Kerudung dan Jilbab insya Allah tidak akan mendapat gangguan dari orang lain ketika mereka beraktivitas diluar rumah, ketika mereka belanja dan ketika mereka pergi berdakwah. Gangguan yang dimaksud adalah pelecehan seksual, karena banyak kasus yang menunjukkan bahwa korban-korban dari pelecehan seksual tidak terjadi dan tidak dialami oleh wanita yang mengenakan Hijab. Melainkan terjadi pada wanita yang berbusana yang sedikit terbuka bahkan sampai yang benar-benar terbuka.
                Nah, itulah sedikit pembahasan yang terkait dengan Hijab, busana Muslimah yang wajib dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Jangan merasa risih, repot, dan gerah atau panas karena Insya Allah kita akan mendapatkan pahala dari Allah SWT dan Insya Allah jika kita sudah mencobanya kita tidak akan merasakan yang namanya risih, repot, dan gerah atau panas. Kita berdoa semoga bagi mereka yang belum berHijab segera mungkin untuk memakainya dan semoga yang baru ber-Hijab diberikan ke-istiqomahan olehNya dan juga semoga yang sudah mampu istiqomah ber-Hijab bisa mengajak yang lainnya untuk segera ber-Hijab. Allahumma Aamiin

0 komentar:

Posting Komentar